Mengatasi remote: Permission denied atau Repository not found.

wahyunanangwidodo

wahyunanangwidodo Senin, 18 Juli 2022

Kesalahan atau error, seperti di bawah, biasanya terjadi pada saat kita melakukan 'push' repository lokal ke remote repository.

Mengatasi remote: Permission denied atau Repository not found.
remote: Permission to wahyunanangwidodo/project.git denied to wahyunanangwidodo.
fatal: unable to access 'https://github.com/wahyunanangwidodo/nvim.git/': The requested URL returned error: 403

remote: Repository not found.
fatal: repository 'https://github.com/wahyunanangwidodo/project.git/' not found

Kesalahan yang terjadi tersebut biasanya disebabkan oleh akun git yang berbeda dan atau credentials akun github yang disimpan berbeda.

Kita tahu, bahwa pada saat kita melakukan 'push', kita di minta untuk memasukan username dan password remote repository. Username dan password github yang kita tambahkan tersebut akan otomatis di simpan pada windows, dan akan otomatis pula digunakan kembali pada tindakan 'push' yang berikutnya, tanpa input ulang.

Jadi, jika menggunakan akun atau username dan password yang berbeda dari yang sebelumnya ditambahkan atau digunakan, username dan password atau credential yang pertama harus kita hapus terlebih dahulu.

Username dan password tersebut di simpan pada credentials windows. Silahkan buka Credential Manager melalui Control Panel\All Control Panel Items\Credential Manager atau dengan melakukan pencarian Credential Manager pada fitur pencarian window untuk melihat credentials yang ada, khususnya untuk github.com. Seperti gambar di bawah ini.

Mengatasi remote: Permission denied atau Repository not found.

Pada baris atau menu 'Generic Credentials', seperti pada gambar diatas, terlihat credential git untuk github.com. Untuk menghapusnya tinggal klik 'remove'.

Setelah penghapusan dilakukan, silakan coba kembali untuk melakukan 'push' repository yang sebelumnya gagal.

Untuk 'push' yang berikutnya, setelah username dan password yang sebelumnya dihapus, maka akan di minta kembali untuk memasukan username dan password pada command line untuk akun remote repository yang digunakan, seperti semula.

Jika username dan password cocok, baik itu akun git maupun akun github, maka kesalahan seperti diatas tidak akan terjadi.

Menambahkan Akun Git

Kita bisa menambahkan atau menggunakan dua akun berbeda pada git. Jika pengaturan konfigurasi awal untuk nama dan email dilakukan secara global, yang berarti digunakan untuk semua informasi pengguna git, seperti commit, repository, dll, kita juga bisa menambahkan akun lain untuk repository yang berbeda, dan author yang berbeda.

Jika akun yang ditambahkan untuk identifikasi pengguna yang diatur secara global menggunakan baris perintah seperti di bawah ini.

git config --global user.name "user-name"
git config --global user.email email@mail.com

Untuk menambahkan akun lain yang berbeda, cukup dengan menghilangkan opsi --global, seperti di bawah ini.

git config user.name "user-name"
git config user.email email@mail.com

Pengaturan konfigurasi git yang ada bisa dilihat dengan menjalankan git config -l.

Silakan dicoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Postingan Lainnya