Enaknya di Laravel: soal database

wahyunanangwidodo

wahyunanangwidodo Jumat, 30 April 2021

Enaknya di Laravel: soal database

Hari ini saya mengalami masalah soal penggunan database. Lebih tepatnya database server yang dijalankan melalui xampp control panel tidak dapat dijalankan.

Saya menggunakan MySQL database untuk sistem manajemen basis data. Kita tau bahwa untuk dapat menggunakan atau bekerja dengan database server local kita harus menjalankan service Apache yang bisa dijalankan melalui aplikasi control panel xampp.

Memang tidak seperti biasanya yang langsung aktif, masalah pun terjadi. Service Apache tidak dapat di jalankan.

Tidak tau pasti apa masalahnya, tapi saya sudah mencoba beberapa cara atau melakukan tindakan seperti mengganti nomor port server, ssl, dll.

Karena terlalu lama mencari cara dan tidak tahu harus bagaimana lagi untuk memperbaikinya, jadi yang saya lakukan adalah reinstall aplikasi xampp; dan ternyata setelah di install ulang service apache pun kembali dapat dijalankan.

Trus maksudnya 'enak' itu apa?. Jadi ketika saya uninstall aplikasi xampp, saya membuat pilihan untuk menghapus semua database yang ada dan juga menghapus folder xampp yang berisi sisa file atau data sebelumnya.

"Enak" yang saya maksud adalah soal cara yang tidak perlu ribet yang harus mem-backup database yang ada.

Tentu database yang ada sebelumya sangat penting dan kita memerlukannya, tapi pilihan untuk sekalian menghapusnya tidak menjadi masalah jika menggunakan laravel.

Maksudnya?. Maksudnya adalah kita masih bisa menggunakan atau memilki database dengan tabel, kolom yang sama dengan yang dihapus sebelumnya dengan cara melakukan migrasi ulang.

Trus data record yang sudah ada atau dibuat sebelumnya gimana?. Ya tentu akan hilang. Tapi jika hanya beberapa dan sekedar data contoh untuk development tidak masalah.

Atau bisa memanfaatkan seeder. Liat Cara Seeding Data di Laravel jika belum tau.

Jadi tinggal jalankan perintah migrasi dan seeding database, bisa sekali perintah dan isinya akan kembali.

php artisan migrate --seed

Itulah salah satu enaknya di laravel. Tapi ini menurut saya, dan yang telah saya lakukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Berlangganan

Berlangganan untuk mendapat pemberitahuan artikel terbaru via email.