Membuat Blog Menggunakan Framework Laravel + VueJS

wahyunanangwidodo

wahyunanangwidodo Jumat, 26 Juli 2019

Membuat Blog Menggunakan Framework Laravel + VueJS

Kita tahu bahwa banyak kegunakan dari sebuah blog, banyak manfaat dari blog yang dapat kita manfaatkan untuk banyak hal yang bermanfaat.

Blog pribadi, komunitas, bisnis atau untuk perusahaan tentu tujuannya tidak lain adalah untuk hal yang bermanfaat. Memberikan informasi, menceritakan inspirasi, mempermudah komunikasi, dan membuat panduan-panduan juga dapat kita lakukan.

Dalam pembuatannya, banyak cara bisa kita gunakan dan juga banyak pilihan dalam penyesuaian sesuai kebutuhan. Kita bisa membuatnya sendiri atau meminta kepada orang lain, kita bisa membuatnya secara gratis atau tidak gratis alias dengan mengeluarkan biaya.

Memilih untuk tidak mengeluarkan tenaga dan waktu mungkin dengan membeli dari jasa pembuatan blog adalah pilihan, namun jika tidak, kita bisa membuatnya sendiri.

Bagi kita yang ingin membuat sendiri, tanpa biaya dan juga instan, kita bisa memanfatkan dari plarform yang memberikan layanan secara gratis dalam pembuatan blog. Contohnya saja BLOGGER, WORDPRESS, MEDIUM, TUMBRL, dan WEEBLY.

Tidak membutuhkan skill khusus dan waktu yang lama untuk membuatnya, hanya dengan memiliki alamat email, melakukan pendaftaran di platform yang kita pilih, menentukan nama blog, dan memilih tema, kita sudah bisa memiliki sebuah blog.

Namun jika ingin membuat sendiri tanpa menggunakan dari platform-platform yang ada, pilihannya adalah membangun sendiri, mendevelop sendiri dari awal, dan tentu butuh tenaga, waktu, serta kemampuan, skill dalam bidang pemograman web khususnya.

Bagaimana jika tidak punya skill, pengetahuan dalam bidang pemograman web?, tentu  akan sulit, dan yang ada hanya kebingungan dengan berbagai macam pertanyaan bagaimana itu bisa berjalan.

#jikaadapertanyaan

Saya bisa dan punya pengetahuan sedikit mengenai pemograman web, tapi tidak tahu bagaimana cara membuatnya?, Tidak menjadi masalah, karena kamu bisa mencari panduan-panduan / tutorial di internet sesuai dengan bahasa pemograman web apa yang kamu kuasai.

Saya sedikit mengetahui sebuah framework laravel dan juga vuejs tapi tidak menemukan tutorial yang sesuai dalam pembuatan blog, lantas bagaimana.?, Tenang saja, bagi kamu yang ingin belajar membuat blog sendiri, akan dibagikan tutorial bagaimana cara membuat blog dengan langkah-langkah mudah yang bisa kamu ikuti melalui artikel ini menggunakan framework tersebut. Semoga saja sesuai dan bermanfaat.

Tutorial Membuat Blog

Saya akan membuat dan membagikan tutorial bagaimana cara untuk membuat blog dari awal sampai jadi blog tersebut dengan menggunakan framework yang populer saat ini, dan jangan kwatir apabila kamu belum terlalu familiar dengan framework yang akan digunakan, karena sebisa mungkin akan saya jelaskan dari setiap fungsi dan kegunaaan di setiap langkah demi langkahnya.

Laravel adalah framework yang akan kita gunakan dalam pembuatan blog ini dan dipadukan dengan VueJS. Bagi kamu yang ingin melihat seperti apa nantinya blog yang akan dibuat, bisa dilihat demonya di youtube melalui link ini.

Laravel

Kita akan menggunakan framework laravel dalam pembuatan blog, framework ini sangat populer dan memiliki banyak fitur yang dapat memberi kemudahan dalam membangun aplikasi web. 

Laravel adalah framework php gratis dan open source yang dibuat oleh Taylor Otwell pada tahun 2011. Laravel mengikuti pola struktur MVC (Model View Controller) yang sangat mudah untuk dipelajari dan dipahami, serta fungsi dari setiap fiturnya sangat mempermudah para developper dalam membangun dan pengembangan suatu aplikasi.

Ada banyak fitur menarik di Laravel, diantaranya:
  • Artisan
  • Authentication
  • Automatic pagination
  • Caching
  • Database Query Builder
  • Eloquent ORM
  • Routing
  • Security
  • Template Engine
  • Unit Testing
  • Validation
  • Migrations

VueJS

Adalah framework javascript progresif  untuk membangun antarmuka pengguna. Jika kita tahu terdapat suatu pola struktur MVC (Model View Controller), VueJS ini hanya di View nya saja dan fokus pada pembangunan untuk halaman frontend.

VueJS dibuat oleh seorang mantan karyawan google Evan You, dan dirilis pada tahun 2014.

Ada banyak fitur dan fungsi yang merik di VueJS, dan kita juga bisa mengintegrasikan dengan library lain atau framework seperti laravel.

  • Virtual DOM
  • Data Binding
  • VueJS Components
  • Listing of Events
  • Directives
  • Routing
  • Template Syntax
  • Computed Properties
  • Animation / Transitions

Software / Aplikasi Pendukung

Sebelum mulai membangun aplikasi web atau blog, ada beberapa aplikasi yang perlu dipersiapkan. Bagi kamu yang berkecimpung atau yang sering membuat aplikasi web pasti sudah mempunyai aplikasi atau software yang sudah terinstall di PC / Laptop yang digunakan, tapi yang baru ingin mencoba membuat blog, berikut aplikasi dan system pendukung yang perlu dipersiapkan:

Text Editor

Text Editor kita gunakan sebagai program untuk editor atau penulisan kode / syntax aplikasi kita. Ada banyak yang bisa kita gunakan, diantaranya:
  • Atom
  • Sublime Text
  • Visual Studio Code
  • NotePad++
  • Brackets
  • Vim

MySQL

Kita akan menggunakan MySQL sebagai database management system dalaam pembuatan blog ini. Silahkan mendownloadnya dan di install pada komputer yang digunakan jika belum menginstallnya.

Terminal  / Command Prompt

Kita gunakan Terminal / CMD untuk menjalankan baris perintah yang diperlukan seperti untuk menginstall depedensi dan membuat fungsi yang diperlukan.

Bagi yang menggunakan windows bisa menggunakan CMD / Command Prompt bawaan dan atau mendownload aplikasi console emulator diinternet, dan jika menggunakan os linux dapat menggunakan terminal.

Browser

Untuk mengakses dan menjalankan halaman web atau blog, kita gunakan apliaksi browser. Banyak web browser yang dapat kita pilih, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan masih banyak lagi.

Mulai

Diatas adalah beberapa aplikasi yang perlu disiapkan untuk memulai membangun sebuah blog, setelah semua terinstall, kita telah siap untuk memulai membuat sebuah blog.

Link:
  1. Instalasi
  2. Admin Dashboard
  3. Component & Vue Router
  4. Menu Admin
  5. Membuat Tabel Database
  6. Menyimpan Data
  7. Respon Pesan Berhasil
  8. Validasi
  9. Membuat Kategori & Upload Gambar
  10. Menampilkan Data
  11. Hapus Data
  12. Edit Pos
  13. Membuat Halaman Kategori
  14. Edit Kategori
  15. Hapus Kategori
  16. Membuat Kategori Baru
  17. Homepage
  18. Membaca Postingan
  19. Menu Homepage
  20. Paginasi - /allposts
  21. Paginasi - /allcategories
  22. Paginasi - /homepage
  23. Slug

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Berlangganan

Berlangganan untuk mendapat pemberitahuan artikel terbaru via email.